Cloud Server vs Dedicated Server, Pahami Perbedaannya

Cloud Server vs Dedicated Server

Semua data penting harus tersimpan baik di tempat aman dan bisa selalu diakses setiap saat. Kemampuan server yang canggih akan memenuhi itu semua. Cloud server dengan segenap kemampuannya bisa memenuhi hal tersebut. Sama dengan dedicated server yang dipersiapkan untuk itu. Bingung pilih mana? Ketahuilah perbedaan dua jenis server tersebut.

  1. Alokasi Power Supply

Power supply atau sumber daya merupakan salah satu pembeda antara kedua jenis server tersebut. Penyediaan sumber daya untuk server berbasis internet atau cloud hanya dalam hitungan menit. Hal ini terjadi karena cloud menggunakan server terpusat. Pemakaiannya juga efektif karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan server.

Berbeda dengan dedicated server berupa server fisik yang penyediaan power supply-nya lebih lama karena harus memadai untuk semua server yang tidak terpusat. Waktu untuk menyiapkan power supply memang relatif lebih lama dibandingkan sistem cloud. Meskipun lebih lama, penyediaan sumber daya terbaik harus dilakukan demi kelancaran kinerja sistem.

  1. Kecepatan Upgrade Hardware

Upgrade sangat penting dan harus dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja sistem. Kecepatan untuk meng-upgrade hardware dalam sistem juga merupakan pembeda dari kedua jenis server ini.

Sistem cloud hanya membutuhkan waktu sebentar untuk kebutuhan upgrade hardware. Cara melakukannya juga praktis karena hanya dengan beberapa klik saja lewat gadget. Jaringan nirkabel serta sistem server terpusatnya sangat membantu kemudahan upgrade dalam cloud.

Hal tersebut berbeda dengan kecepatan upgrade dari dedicated server. Waktu yang dibutuhkan lebih lama karena harus mengganti hardware dalam mesin secara manual di pusat data. Proses ini harus dilakukan karena bentuk server yang berupa fisik, tidak seperti cloud yang tidak berbentuk fisik atau nirkabel. Upgrade-nya meliputi semua server yang terpakai.

  1. Biaya yang Diperlukan

Poin ketiga yang menjadi pembeda antara cloud server dengan dedicated server adalah biaya yang diperlukan. Untuk menggunakan sistem cloud sebagai server, Anda bisa menekan biaya karena tidak memerlukan kabel penghubung dan instalasi berupa hardware. Anda hanya perlu membayar biaya pemakaian beserta pemeliharaan seperti backup dan perbaikan sistem.

Berbeda dengan dedicated server yang membutuhkan lebih banyak biaya untuk membangun instalasi fisik dan kabel penghubung untuk beberapa server yang dipakai. Sistem server yang tidak terpusat ini juga membutuhkan lebih banyak biaya dalam hal monitoring dan pemeliharaan sekaligus pengamanan secara fisik.

  1. Tingkat Keamanan

Keamanan merupakan hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih server. Dalam hal ini, dedicated server dinilai lebih aman dengan sistem pengamanan secara fisik dan sistem. Berbeda dengan pengamanan cloud yang bisa secara sistem. Pengamanan fisiknya hanya dilakukan pada server pusatnya karena memang sistemnya memakai server yang terpusat.

Dengan perbedaan ini, Anda tetap harus memastikan bagaimana sistem pengamanan yang diterapkan. Tingkat keamanan bisa dipastikan dengan memilih pihak jasa yang terpercaya sekaligus berkonsultasi mengenai keamanan sistem server. Dengan langkah ini, sistem keamanan di setiap server akan bisa dioptimalkan.

  1. Pengelolaan Server

Poin pembeda yang terakhir adalah pengelolaan server. Dalam server cloud, dikenal istilah server on the go. Artinya bahwa pengelolaan server dapat dilakukan secara langsung lewat perangkat mobile, baik Android, maupun iOS. Pengelolaan ini meliputi upgrade sistem, monitoring, dan beberapa hal lainnya yang praktis.

Akan tetapi, hal ini tidak berlaku pada dedicated server karena harus melakukan pengelolaan server secara manual, seperti harus ada penggantian komponen server yang bersifat fisik, pemantauan, upgrade sistem, dan sebagainya. Dengan demikian, efisiensi sistem dalam dedicaed server memang lebih rendah.

Setelah membaca dan memahami berbagai perbedaan antara cloud server dan dedicated server, Anda bisa menentukan pilihan dengan tepat. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Lintasarta adalah penyedia server terpercaya dengan solusi IT menyeluruh. Anda dapat menggunakan jasanya dengan berkonsultasi terlebih dahulu.